Monday, November 5, 2012

Sejarah Search Engine


Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.

Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

Sejarah search engine perlu dikaitkan dengan sejarah internet itu sendiri. Mengapa? Karena tanpa kehadiran internet, mustahil sejarah search engine bisa diruntut. Berikut adalah kronologis sejarah search engine dari tahun ke tahun.
Sejarah Search Engine - 1957
Iri dengan keberhasilan Russia yang mampu pergi ke luar angkasa, presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower, memerintahkan untuk pembangunan Advanced Research Project Agency (ARPA).Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan ARPAnet yang merupakan bapak moyangnya internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.
Sejarah Search Engine - 1960
Sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan Projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisi hiperlink. Sekarang, kita mengenalnya dengan kata link (tautan).
Sejarah Search Engine - 1980
Perkembangan internet bergerak ke Eropa. Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, membuat program untuk menyimpan informasi dengan asosiasi acak. Program ini digunakanuntuk pribadi dan tidak dipublikasikan.
Sejarah Search Engine - 1989
Sejarah search engine berlanjut ketika Archie dibuat berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v". Dianggap sebagai nenek moyang dari semua mesin pencari yang ada sekarang. Archie dibuat oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa  asal Barbados, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Sebelum ada Archie, orang harus mencari informasi satu per satu. Atau, hanya berinternet bila ada teman yang menyarankan link tertentu untuk dikunjungi. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian. Aplikasi tersebut tersebut mengambil daftar direktori dari semua file dan ditempatkan pada alamat FTP, Selanjutnya menciptakan suatu filename database yang bisa dilakukan pencarian akhir. Bila Aplikasi Archiemeng-index file komputer, pekerjaan Gopher bertugas meng-index teks dokumen. Gopher dibuat pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill dari Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web.
Sejarah Search Engine - 1991
Dengan bantuan Robert Cailliau, Berners-Lee menulis World Wide Web (www) untuk pertama kalinya. Pertama kali dipublikasikan pada dunia pada musim panas tahun tersebut. Dalam sejarah search engine, www ini nantinya akan menjadi tempat atau sumber informasi yang dikumpulkan search engine.
Sejarah Search Engine - 1993
Sejarah search engine dimulai ketika Aliweb mulai diperkenalkan kepada khalayak. Aliweb merupakan mesin pencari pertama untuk www. Dibuat oleh Martijn Koster. Pemilik situs harus mendaftarkan situs mereka ke Aliweb agar bisa dicari dengan mudah. Gara-gara itu,Aliweb tidak digunakan secara luas.
Sejarah Search Engine - 1994
Yahoo! dibuat oleh Jerry Wang dan David Fillo di rumah mobil mereka. Awalnya, Yahoo! dibuat untuk menandai situs yang telah mereka kunjungi.
Sejarah Search Engine - 1994
Lycos dibuat oleh Dr. Michael Loren Mauldin.
Sejarah Search Engine - 1995
Altavista dibuat oleh Louis Monier dan Michael Burrows.
Sejarah Search Engine - 1995
Excite dibuat oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch, Martin Reinfreid.
Sejarah Search Engine - 1996
Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen.
Sejarah Search Engine - 1996
Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier.

Di tahun yang sama, Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford, mulai membuat BackRub. Konsep baru pembuatan mesin pencari diperkenalkan. Ini merupakan cikal bakal Google yang lahir tahun berikutnya. dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman.


Sejarah Search Engine - 1997
Pada tahun ini, Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. Namun, dalam presentasinya, presenter memperkenalkannya sebagai Google, nama itulah yang mendunia sekarang.
Sejarah Search Engine - 1998
GoTo.com diperkenalkan sebagai mesin pencari berbayar. Perusahaan harus membayar jika ingin situsnya berada di urutan teratas. Perusahaan itu harus membayar satu dollar kalau ada orang yangmengklik situsnya.
Sejarah Search Engine - 1998
MSN diluncurkan pada akhir tahun. Mesin pencari ini kemudian berganti nama menjadi Windows Live Search pada 2006, dan pada 2008 diganti lagi menjadi Bing.
Sejarah Search Engine - 2000
Terinspirasi GoTo.com, Google membuat AdWords.
Sejarah Search Engine - 2000
Yahoo! masih menggunakan Google untuk melakukan pencarian.
Sejarah Search Engine - 2003
Yahoo! mengakuisisi Inktomi, GoTo, AltaVista, dan AllTheWeb.
Tahun yang sama, Google memperkenalkan AdSense yang memungkinkan pemilik situs memajang iklan. Google akan membayar pada pemilik situs bila ada yang mengklik iklan yang dipajang.
Sejarah Search Engine - 2004
Yahoo! mulai mengaktifkan mesin pencarinya sendiri.
Sejarah Search Engine - 2006
Google mengakuisisi YouTube, sebuah situs yang bisa memutar video, sekaligus mesin pencari video yang paling banyak digunakan saat ini.

Di tahun yang sama, dengan jumlah pencari makin banyak dan sistem yang makin kompleks, makin banyak pula informasi yang tidak diinginkan hadir. Google Sitemap memperbolehkan sebuah situs memasukkan petasitus agar pencarian lebih relevan.

Sejarah Search Engine - 2009
Google mampu mencari 8 miliar situs dan memproses pencarian sampai 70% di seluruh internet. Hal itu membuat Google menjadi situs yang paling banyak diakses di dunia. Tetapi, seiring diperkenalkannya Bing dari Microsoft, mereka bersaing berbagi pasar.
Sejarah Search Engine - 2010
Google Instant mulai diperkenalkan. Dengan sistem barunya, pencarian dimulai saat pencari mengetikkan kata kunci, tanpa perlu menekan enter.
Sejarah Search Engine - 2011
Google Panda akan mulai diperkenalkan ke khalayak ramai. Semua hal yang berkaitan dengan SEO pun akan dibebankan kepada Google panda ini.

Berikut ini adalah beberapa mesin pencari:
1.    Google ( http://www.google.com/ )
2.    Yahoo ( http://www.yahoo.com/ )
3.    Open Directory ( http://www.dmoz.com/ )
4.    MSN ( http://www.msn.com/ )
5.    Live ( http://www.live.com )
6.    Altavista ( http://www.altavista.com )
7.    AOL ( http://www.aol.com )
8.    Altheweb ( http://www.althweb.com )
9.    Baidu ( http://www.baidu.com )
10. Looksmart ( http://www.looksmart.com )
11. Solusee ( http://www.solusee.com )

No comments:

Post a Comment

Mohon komentar yang membangun demi perbaikan Blog ini kedepan...
Apabila ada link yang rusak atau bermasalah mohon informasinya agar segera dapat kami perbaiki

 
Support : Creating Website | Mas Template
Copyright © Oktober 2012. Taufik Irawan ::: Official Community ::: - All Rights Reserved
Template Modify by Taufik Irawan
Proudly powered by Blogger